Menginstall Fedora 30, lalu ngapain?

fedora 30

Saya baru saja selesai melakukan fresh install sistem operasi pada PC di rumah, selain karena ada kesalahan partisi, ada banyak berkas sampah juga setelah sekian tahun pemakaian, terutama yang berasal dari tahun 2018 kemarin. Dan seperti biasanya, akan muncul pertanyaan: setelah selesai menginstall Fedora 30, lalu ngapain?

Memperbarui sistem

Hal pertama yang saya lakukan adalah memasang pembaruan, karena paket yang terdapat di file ISO beberapa diantaranya ada yang sudah mendapatkan patch entah di sisi keamanan, kenyamanan, ataupun bug fixing. Pembaruan dapat dilakukan dengan mengeksekusi perintah:

sudo dnf makecache && sudo dnf update -y

Memasang aplikasi tweaking untuk Fedora 30

Kemudian dilanjutkan dengan memasang fedy dan gnome-tweak-tools, kedua aplikasi ini masuk dalam daftar aplikasi yang harus ada di perangkat saya. Sebagai gambaran, fedy merupakan aplikasi yang mempermudah pengguna untuk memasang banyak aplikasi pihak ketiga, tema, codecs multimedia, juga melakukan tweaking ringan.

Ada hal menarik yang saya temukan saat ingin memasang fedy, semenjak fedora 29 fedy tidak lagi dapat diinstal melalui repo folkswithhat, sehingga proses instalasi harus dilakukan manual. Namun saya mendapatkan pesan error HTTP 404 saat mengunjungi repo fedy yang biasanya dapat dijumpai pada URL https://github.com/fedy/fedy. Entah ada konflik apa, kini fedy pindah dan sepertinya dimaintain oleh tim rpm-fusion. Cara instalasinya cukup mudah:

# perintah berikut saya salin dari repo fedy milik rpm-fusion
# RPMFusion
sudo dnf install \
  https://download1.rpmfusion.org/free/fedora/rpmfusion-free-release-$(rpm -E %fedora).noarch.rpm \
  https://download1.rpmfusion.org/nonfree/fedora/rpmfusion-nonfree-release-$(rpm -E %fedora).noarch.rpm

# Install other dependencies
sudo dnf install gjs gtk3 wget dnf-plugins-core

# Clone and install
git clone https://github.com/rpmfusion-infra/fedy-project \
  && cd fedy \
  && sudo make install

# Clean up
cd .. && rm -r fedy

setelah semua lancar, fedy dapat ditemui pada daftar aplikasi yang terpasang. Dan dari antarmuka yang disajikan, kita dapat dengan mudah memasang banyak aplikasi pihak ketiga hanya dengan menekan tombol.

antarmuka fedy

Saya kurang nyaman dengan antarmuka Fedora yang menyembunyikan tombol minimize dan maximize, beruntung ada aplikasi gnome-tweak-tool yang dapat mempermudah untuk melakukan tweaking tersebut, serta sangat membantu untuk memilih tema GTK yang ingin digunakan. Eksekusi perintah berikut untuk memasang gnome-tweak-tool:

sudo dnf install gnome-tweak-tool -y

Sampai sini proses sudah selesai, sisanya tinggal memasang dotfiles milik saya: https://github.com/widnyana/dotfiles dan melanjutkan riset kecil-kecilan supaya tidak ketinggalan teknologi dan menghindari salah pemahaman terhadap jargon-jargon teknologi yang semakin banyak. Dan tentunya supaya dapat menghadapi kasus-kasus lucu yang terjadi menjelang diimplementasikannya industri 4.0 di Indonesia.

Mengutip Reza Arap pada video ini: Let’s fly higher!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.